Pabrik Konveksi Baju Kaos Oblong, Kaos Kerah, Kaos Polo Shirt, Baju Kaos T-Shirt, Kaos Promosi, Kaos Polos, Buat Kaos Pilkada

Kaos Partai PilkadaAnda mungkin masih ingat masa ketika bisnis bikin baju kaos murah masih dianggap sebagai bisnis kecil-kecilan yang hanya digarap mahasiswa, pelaku usaha informal atau orang-orang yang tidak memiliki pengalaman kerja lain. Kini, bisnis membuat baju kaos murah dengan sablon kilat menjadi bisnis yang banyak dicari dan memiliki banyak pelanggan. Bahkan, bisnis ini laris ketika krisis moneter menerjang dan menjadi solusi bagi banyak orang yang di-PHK.

Era Reformasi, Baju Kaos Murah Berjaya

Kebangkitan era reformasi membuat sistem pemerintahan yang menjurus diktator pada era Orde Baru berubah; partai politik yang tadinya hanya ada 3 kemudian berkembang menjadi puluhan karena kebebasan berpolitik makin luas. Hal ini menjurus pada makin meluasnya kampanye politik dan pemilihan kepala daerah (pilkada), yang biasanya melibatkan penggalangan massa dan pendukung bagi suatu partai.

Kehadiran 33 partai yang memiliki 33 simbol dan warna dominan berbeda pada era reformasi pun meningkatkan rejeki bagi para pemilik usaha bikin baju kaos murah. Hal ini tentu saja karena mereka harus cepat menyediakan persediaan kaos partai yang harus dikenakan sebagai identitas massa pendukung partai-partai, misalnya massa pendukung partai Golkar dengan baju berwarna kunig, partai PDI-Perjuangan dengan warna merah, partai Demokrat dengan baju warna biru, kaos Gerindra dengan warna merah hati, dll. Masa kampanye yang cenderung singkat pun membuat para pembuat baju kaos partai harus cepat bekerja membuat banyak pesanan.

Dampaknya, para pembuat kaos menjadi salah satu pihak yang diuntungkan pada masa reformasi, bahkan ketika krisis melanda. Profesi sebagai pembuat baju kaos pilkada untuk pemilu pun dilakukan oleh mereka yang terkena PHK. Biasanya, baju kaos murah yang dipesan untuk keperluan kampanye berbahan seperti bahan hyget atau polyester (bukan sekelas distro seperti cotton combed) dengan sablon manual. Mereka yang tak memiliki modal besar pun bisa membuat usaha baju kaos sendiri.

Kini, profesi pembuat baju kaos murah untuk suatu keperluan kaos promosi atau kampanye makin populer. Era reformasi telah mendorong kebebasan berorganisasi, yang tentunya semakin meningkatkan permintaan untuk kaos dengan logo tertentu sebagai identitas organisasi tersebut. Kebutuhan akan kaos yang murah dan jadinya cepat pun meningkat. Apapun kiprah para organisasi ini, yang jelas para pemilik usaha bikin baju kaos murah di Indonesia tidak akan pernah kekurangan pekerjaan.

Leave a Reply